EVEN

TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA ISTRI SAIFUL JAMIL

Selasa, 23 Agustus 2011

[ KISAH RASUL ] Tirulah cara nabi Muhammad SAW tidur

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًاا



“Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)



Sebaik-baik suri tauladan bagi umat agama islam adalah Nabi Muhammad SAW.Pada Artikel Kali ini saya ingin memberikan info tentang teladan tidur nabi muhammad SAW .



:: Cara Nabi Muhammad SAW TIDUR :::



dalam suatu riwayat,pernah suatu ketika rasulullah lewat di depan seseorang yang sedang tidur dalam posisi telungkup. Kemudian beliau beliau menyipakkan kakinya kepada pemuda tersebut dan bersabda "bangun dan duduklah! Inilah tidurnya para ahli neraka!".



Berikut adalah kegiatan yang di lakukan oleh rasul ketika akan mw tidur :



1. Rasulullah saw mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam. Pada saat itu beliau bangun lalu bersiwak, berwudhu dan melaksanakan sholat tahajjud

2. Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan

3. Terus berdzikir sampai jatuh tertidur

4. Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman

5. Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula. Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menngunakan bantal dan kadang-kadang meletakkan tangannya di bawah pipi



Pada point ke-2 di katakan bahwa rasul tidur dalam posisi miring ke kanan . Apakah makna yang terdapat pada tidur nabi ini ??



:: Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur posisi miring kanan ala Rasulullah SAW ::



1 . agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri. Kemudian padanya dianjurkan untuk mengubah posisi ke kiri untuk mempercepat proses pencernaan. Baru kemudian tidur dilanjutkan dengan posisi miring ke kanan kembali. Sebagai peringatan, jangan terlalu sering tidur dalam posisi miring ke kiri karena hal itu dapat membahayakan organ hati yang berada di sisi kiri dekat dengan lambung. Pada saat itu organ-organ tubuh akan mengarah pada hati dan beresiko mengalirkan bahan berbahaya ke dalamnya.



2 . orang yang melakukannya tidak terlalu lelap dalam tidurnya, karena posisi hati/jantung di dalam tubuhnya agak miring ke kiri. Jadi jika seseorang tidur dengan posisi miring ke kanan, maka jantungnya akan terdorong dari tempatnya di sebelah kiri. Hal itu akan mencegah orang yang bersangkutan tidur terlalu lama dan terlalu lelap.



3 . tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.





SUBHANALLAH, Begitu banyak teladan dari sikap keseharian rasul. DImulai dari hal yang sangat kecil bahkan sangat sepele sekali pun rasul dapat memberikan tauladan kepada umatnya.



OLEH SEBAB ITU UNTUK KITA SEMUA AGAR KITA SEHAT JANGAN SELALU BERGANTUNG KEPADA DOKTER,IKUTILAH TATA CARA PRILAKU RASULULLAH. INSYA ALLAH KITA AKAN SELALU SEHAT.AMIEN

2 komentar:

ikut tidur nabi s.a.w kita dapat pahala...ikut sunnahnya.. *follow me yaa

Alhamdulillah

thank's sudah berkunjung sahabat

insya allah kita mendapat berkat pada ramadhan kali ini

amien

Posting Komentar